Kamis, 17 Juli 2014

MEMANAGE KEUANGAN BULANAN



Sebenarnya perlunya sesuatu itu di manage adalah agar sesuatu itu bisa efisien dan efektif. Apakah efisien itu? Apakah efektif itu? Efisien adalah pemanfaatan resources atau sumber daya yang ada seminimal mungkin sesuai yang diperlukan atau yang dibutuhkan. Efektif adalah upaya yang dilakukan agar tujuan bisa tercapai.
Untuk masalah keuangan bulanan, apakah semua harus di manage? Sebelum menjawab pertanyaan
tersebut marilah kita melihat secara umum kemungkinan kondisi pendapatan keuangan masing-masing orang. Ada 3 kemungkinan kondisi pendapatan masing-masing orang :



  1. pendapatan kurang / dibawah kebutuhan
  2. pas-pasan
  3. berlebihan
Untuk pendapatan keuangan yang berlebihan idealnya memang juga perlu dimanage, tetapi bukan sesuatu yang harus di manage (tentu saja karena keuangan berlebihan) di manage atau tidak, tidak akan ada masalah. Hanya saja apabila di manage, tentulah orang yang memiliki pendapatan berlebih ini bisa lebih banyak melakukan saving.
Kondisi pendapatan keuangan yang wajib untuk di manage adalah yang pas-pasan. Sementara untuk pendapatan yang kurang/di bawah kebutuhan, di manage atau tidak pun juga akan tetap kekurangan. Nanti akan di bahas sendiri bagaimana tips dalam menghadapi pendapatan yang kurang ini.
Marilah sekarang kita bahas tentang bagaimana memanage pendapatan keuangan yang pas-pasan. Apa yang harus dilakukan?
  1. Buat catatan tentang fix cost (atau pengeluaran tetap) seperti kebutuhan kos/sewa rumah, listrik, air, telpon, makan/minum, dll.
  2. Buat catatan perkiraan tentang variable cost (pengeluaran yang tidak tetap) seperti pulsa telpon, biaya transportasi, sandang/pakaian, makan di warung/rumah makan, dll)
  3. Baru setelah dihitung perkiraannya, dana sisa, bolehlah di alokasikan untuk lain2 termasuk saving.
Hindari menyiapkan anggaran untuk sesuatu yang negative prasangka seperti anggaran untuk dokter, anggaran untuk kecelakaan, anggaran untuk rumah roboh dan lain-lain.

Untuk pendapatan keuangan yang kurang/dibawah yang dibutuhkan, maka yang perlu diperhatikan/didahulukan adalah nomer 1 yaitu tentang fix cost (pengeluaran tetap).

BerikutTips yang perlu diketahui:
  1. Untuk pendapatan yang kurang dari kebutuhan 1 bulan, berpikirlah untuk mendapatkan side job sesuai keahlian dengan mempertimbangkan waktu dan tenaga yang anda punyai
  2. Untuk pendapatan yang pas-pasan, berpikirlah untuk melakukan control pengeluaran yang bersifat variable cost.
  3. Inti dari control sebenarnya adalah melakukan control terhadap dorongan hati itu sendiri. Manakah yang sesuatu itu sudah termasuk urgent & important, urgent but not important, not urgent but important dan not urgent not important
  4. Masalah hati, yang perlu diketahui adalah adanya :kecondongan, keinginan, kebutuhan dan cinta/obsesi. Dan yang perlu diperhatikan, yang harus didahulukan adalah yang bersifat kebutuhan. Bukan kecondongan hati yang didahulukan dan bukan keinginan hati yang didahulukan.
  5. Untuk sesuatu yang sudah masuk kedalam area cinta/obsesi, akan melemahkan logika. Dan ini bisa membuat rusaknya managemen keuangan anda.

Maka berhati-hatilah di dalam menghadapi hati anda ketika sesuatu itu sudah masuk ke area cinta/obsesi.
Sumber : Edi Stiawan - UniCom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah dibaca jangan lupa posting komentarnya ya...terimakasih